Ceria Bersama SLB Tunas Bangsa


Salam Kagama

Berbagai acara telah digelar Kagama Balikpapan dalam rangkaian Dies Natalis UGM ke-64. Setelah sebulan sebelumnya menggalang Donor Darah dalam HUT PMI ke-68 dan Donasi Penyerahan 1.000 kantung darah beserta reagen kepada PMI.Pada hari ini Sabtu 5 Oktober 2013 Kagama Balikpapan menggelar Acara Outbond bersama Siswa Sekolah Luar Biasa. Kali ini yang mendapat kesempatan adalah 125 Siswa SLB Tunas Bangsa Jl. Kutilang Balikpapan. Meskipun sempar tertunda karena hujan deras mengguyur Balikpapan sejak pagi hari, namun semangat adik-adik ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) ini tidak pernah padam. Diantara hujan ringan yang masih turun, berbagai acara yang dikemas dalam outbond dapat terlaksana.
Acara dibuka oleh Ketua Kagama Balikpapan, drg. Agung Dwi Kurianto, Sp. Pros. dengan yel-yel pemompa semangat adik-adik. Para Kagamalovers pun serentak turut melebur menggugah semangat untuk memulai kegiatan outbond. Tujuan kegiatan ini adalah memupuk rasa percaya diri, mempererat kebersamaan, membangun kerjasama tim dan keberanian menaklukkan tantangan di ketinggian. Kagama balikpapan merasa concern atas hal ini mengingat adik-adik ini adalah generasi penerus bangsa yang sam derajatnya dengan anak-anak dan remaja normal yang lain.
Pada kesempatan sambutan oleh Kepala Sekolah SLB Tunas Bangsa, Hj. Susana menyampaikan apresiasi yang sedalam-dalamnya karena kepedulian Kagama untuk memberikan kesempatan yang sangat jarang dinikmati oleh Anak Berkebutuhan Khusus, bahkan belum pernah bagi SLB Tunas Bangsa untuk memberikan rangsangan kegiatan luar ruang bagi siswa. Terlebih kegiatan ini dilakukan di Wahana Outbond terbesar dan terlengkap di Balikpapan, Camp Woody Park Jl. Syarifudin Yoes Balikpapan.
Pada kesempatan sambutannya, beliau yang akrap disapa Bu Susan juga menyampaikan harapannya agar Kagama Balikpapan tidak berhenti hanya sampai disini untuk memberikan perhatiannya pada SLB Tunas Bangsa. Sumber daya Alumni Universitas Gadjah Mada di Balikpapan dari berbagai jurusan baik itu Psikologi, Kedokteran< pertanian, Kehutanan diharapkan mampu memberikan dukungan lebih pada pengembangan potensi Siswa SLB.
Harapan tersebut langsung direspon oleh Ketua Kagama Balikpapan, bahwa dalam waktu dekat akan merencanakan kegian pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dokter Umum dan Dokter Gigi bahkan mungkin melibatkan Psikolog Alumni UGM.
Tanpa membuang waktu setelah acara dibuka, adik-adik Siswa SLB dibawah arahan para guru dan pemandu acara yang telah disiapkan langsung berbaur di lapangan rumput. Tanpa peduli dengan hujan yang masih turun rintik-rintik mereka dengan atusias menjalani satu demi satu permainan dan tantangan yang diberikan. Jenjang materi outbond yang disiapkan disesuaikan dengan jenjang kemampuan siswa. Dimulai dengan permainan statis seperti colouring dan puzzle, kemudian racing game dan fun game pada jenjang menengah. Hingga team building dan high rope pada jenjang tertinggi.
Pada bagian tersulit kegiatan outbond, dimana memerlukan keberanian dan ketrampilan lebih, yaitu permainan di ketinggian high rope. Berbagai mimik dan ekspresi bermunculan, ada riang, ada gugup, ada ragu, namun dengan bimbingan yang sangat telaten dari para pemandu permainan dan instruktur, para siswa ini mampu melewati segala tantangan di ketinggian. Titian tali, terowongan bergerak, titian balok, panjat dinding, flying fox hingga panjat jaring semuanya berhasil dilewati. Tepuk tangan dan sorak semangat tak pernah berhenti ketika adik-adik ini sukses membuktikan kehebatannya.

Sebagai penutup acara, Kagama Balikpapan menyematkan sebuah tanda penghormatan kepada adik-adik Siswa SLB yang telah antusias mengikuti acara dan sukses melakoni seluruh materi outbond yang disiapkan. Satu persatu di dada adik-adik ini disematkan sebuah pin "AKU HEBAT!!"











 

Komentar

Postingan Populer