Bocahe Kagama


Salam Kagama

Masa anak-anak adalah usia emas tumbuh kembang baik intelegensia dan kepribadiannya. Hal itu mendapat perhatian dari warga Kagama Balikpapan yang sebagian besar memiliki putra-putri yang masih berusia dini. Untuk itu sejak satu tahun yang lalu dirintis sebuah kelompok bermain dan belajar bersama bagi putra-putri mereka. Memanfaatkan waktu pada saat hari libur sekolah untuk bersama bermain dan belajar dengan berbagai macam petualangan baru yang mungkin tidak diperoleh disekolah dan lingkungan rumah. Putra-putri warga Kagama Balikpapan yang sudah seperti saudara dan teman sepermainan ini selalu menunjukan antusias yang besar ketika mengikuti seluruh program belajar sambil bermain. Dalam perkembangannya komunitas ini kemudian sepakat memakai label Bocahe Kagama, dan berada dalam naungan Pengurus Cabang Kagama Balikpapan. 
Berbagai sesi pembelajaran telah digelar dalam satu tahun usia Bocahe Kagama. Edutrip (education trip) ke berbagai kawasan budaya Balikpapan, bangunan bersejarah, berkebun bersama, memasak bersama hingga belajar membuat karyaseni bersama. Bocahe Kagama mulai dikenal oleh khalayak umum Balikpapan dan Nasional melalui media sosial, ketika bulan Juni 2014 berhasil melakukan program Edukasi Profesi hingga 12 hari 12 profesi selama liburan sekolah tahun ajaran baru. Puluhan Bocahe Kagama berkunjung dan belajar tentang Dokter Gigi, Dokter Kulit, Pengacara, Hakim, Perajin Tahu/Tempe, Perbankan. Petani Buah Naga, Dosen Perguruan Tinggi, Pustakawan Daerah, Anggota DPRD hingga ke Walikota beserta jajarannya. Kagama Balikpapan sangat mendukung dan memfasilitasi Bocahe Kagama untuk bertemu langsung dengan tokohnya dan di lokasi dimana tokoh tersebut beraktifitas. Seluruh pihak yang dikunjungi juga menunjukkan respon positif atas terobosan yang dilakukan Kagama Balikpapan dengan Program Bocahe Kagama.
Pada saat memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-69 Agustus lalu, Bocahe Kagama menggelar Upacara Bendera di Taman Outbond Woodypark. Sebuah usaha untuk memberikan pengenalan cinta tanah air dan berbangsa bernegara, lewat permainan kerjasama tim. Yang lebih membanggakan adalah kesediaan Detasemen Kavaleri-1 Kodam Mulawarman dengan kendaraan militernya menjemput puluhan Bocahe Kagama di Woddypark untuk kemudian diberikan pengenalan dunia militer. Termasuk kesempatan menjajal Panser Anoa, kendaraan tempur produksi putra putri bangsa Indonesia.
Pada 19 Oktober besok, Bocahe Kagama kembali akan menggelar sesi pembelajaran dan bermain. Sebagian dari kita mungkin sudah mulai melupakan permainan anak tempo dulu yang penuh makna kreatifitas dan simbolik, dan kemudian merasa cukup dengan anak yang duduk diam dengan gadgetnya. Pada acara Dolanan Bareng Bocahe Kagama nanti anak-anak akan diajak bersafari mengenal beberapa permainan tradisional sekaligus berusaha membuat mainannya sendiri. Ada permainan individu untuk mengasah kreatifitas dan permainan kelompok untuk mengasah jiwa sosial dan komunikasi mereka. Seluruh permainan disiapkan dengan memperhatikan kemampuan fisik motorik anak-anak, sehingga diharapkan memberikan kesan yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengenal dunia permainanjaman dulu yang jauh dari gadget modern.
Pada gelaran Dolanan Bareng ini, antusias masyarakat umum sangat tinggi untuk turut dalam program Bocahe Kagama. Hal itu dapat dilihat dari pendaftaran peserta yang dengan terpaksa harus ditutup sejak sebulan sebelum pelaksanaan, karena kuota jumlah peserta yang telah terpenuhi. Demi keamanan dan kenyamanan anak-anak, Penyelenggara memang menetapkan kuota maksimal jumlah peserta. Kagama Balikpapan mohon maaf pada masyarakat yang belum dapat bergabung kali ini, dan berharap dapat menyiapkan program yang lebih baik dan menampung lebih banyak peserta di program yang berikutnya. Pada liburan pergantian semester nanti Bocahe Kagama telah mempersiapkan kegiatan berpetualang, bermain dan belajar lainnya.

Yuniar Surindrasworo,-

Komentar

Postingan Populer