Seminar KAGAMA Balikpapan Menuju Kota Nyaman Dihuni

Salam Kagama



Sebagai wadah alumni Universitas Gadjah Mada yang berdomisili di Kota Balikpapan, menjadi kebanggaan dan tugas mulia bagi KAGAMA BALIKPAPAN untuk turut berperan serta secara aktif membangun masyarakat setempat.

Visi Kota Balikpapan adalah terwujudnya Balikpapan sebagai kota industri, perdagangan, jasa dan pariwisata yang didukung oleh penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik (Good Governance) dan masyarakat yang beriman, sejahtera, religius dan berperadaban maju (Madinatul Iman).

Visi tersebut diterjemahkan dalam beberapa misi :
  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, sehat jasmani dan memiliki daya saing di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mewujudkan tersedianya infrastruktur kota yang mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan fungsi kota di masa depan.
  3. Mewujudkan kondisi kota yang layak huni dan berwawasan lingkungan.
  4. Mewujudkan perekonomian kota yang berorientasi kepada pengembangan potensi ekonomi kerakyatan dan pengembangan basis ekonomi kota di masa depan.

Pada tahun 2010 Kota Balikpapan bersama 120 Kota se Asia Tenggara telah menyepakati komitmen untuk menjadi kota yang layak dihuni yang berbasis pada 3 (tiga) hal pokok, clean land, clean water dan clean air. Semenjak itu genderang semangat mulai ditabuh dengan berbagai target diantaranya Balikpapan Kota Layak Anak, Kota Layak Lansia dan sebagainya.

Pada Peringatan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-117 yang jatuh pada tanggal 10 Pebruari 2014, Pemerintah Kota Balikpapan telah mencanangkan tema “BANGUN TERUS BALIKPAPAN MENUJU KOTA NYAMAN DIHUNI”. Tentunya tema tersebut menjadi sebuah ungkapan dari fokus pengembangan kota ke depan yang harus direspon seluruh elemen masyarakat Kota Balikpapan.

Pada hari Kamis tanggal 27 Februari 2014 bertempat di Lamin Ballroom Hotel Benakutai Balikpapan, Seminar KAGAMA digelar. Yang menarik, apabila biasanya sebuah seminar diselingi atau ditutup dengan hidangan, maka Seminar ala KAGAMA Balikpapan ini justru dibuka dengan acara Santap Siang Bersama. Diharapkan dengan begitu suasana seminar dari awal sudah bisa santai namun "berisi".
Sebagai pembuka, Bapak Walikota Balikpapan H. Rizal Effendi, SE. berkenan memberikan menyampaikan kata pembuka, sekaligus sebagai "Keynote Speaker".
Selanjutnya masing-masing Pembicara yang sudah hadir dari Universitas Gadjah Mada, yaitu Ir. M. Santosa, MS. dan Prof. Djamaludin Ancok. MA. PhD. menyampaikan materi paparan tentang Balikpapan Menuju kota Nyaman Dihuni. paparan materi dari kedua Pembicara kemudian dibahas lebih lanjut dengan peserta seminar serta melibatkan dua Panelis dari Pemerintah Kota Balikpapan yaitu Prof. Dr. Sutadji MS, dan Ir. Soetantinah.
Tetap tidak melupakan ciri khas KAGAMA Balikpapan sebagai perkumpulan alumni yang guyup, nuansa itu tetap dipertahankan selama jalannya seminar dengan berbagai spontanitas dan doorprize yang membuat peserta tetap semangat.
Bangun Terus Balikpapan Sebagai Kota Nyaman Dihuni.



Komentar

Postingan Populer