SEMINAR PARENTING KAGAMA BALIKPAPAN


PENDAHULUAN

Negara Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah hasil perjuangan kemerdekaan seluruh Bangsa Indonesia. Di dalam masa perjuangan kemerdekaan seluruh Bangsa Indonesia itu dilahirkanlah Universitas Gadjah Mada. Atas dasar itu Universitas Gadjah Mada beserta alumninya merasa terpanggil untuk memenuhi cita-cita perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Kami alumni Universitas Gadjah Mada dalam keinginan untuk mewujudkan sikap hidup dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang bersumber pada cita-cita almamater, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa bersepakat untuk membentuk suatu organisasi yang disebut Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada yang berasaskan Pancasila dan berdasarkan Undang Undang Dasar 1945 serta bersifat kekeluargaan.

Sebagai wadah alumni Universitas Gadjah Mada yang berdomisili di Kota Balikpapan, menjadi kebanggaan dan tugas mulia bagi KAGAMA BALIKPAPAN untuk turut berperan serta secara aktif membangun masyarakat setempat.

Salah satu bentuk kontribusi dan tangungjawab dalam membangun masyarakat, adalah meningkatkan peran Orang Tua dalam membimbing Putra/Putri mereka supaya siap menjadi kader bangsa yang mumpuni. Pendidikan dan Pendampingan generasi muda menjadi salah satu aspek penting dalam masa pertumbuhannya. Terlebih lagi dengan era informasi yang makin terbuka, memperluas ruang interaksi anak dengan lingkungannya. Yang pada ujungnya begitu mudah masuknya berbagai pengaruh lingkungan baik yang postif dan negatif terhadap perilaku sehari-hari.

LATAR BELAKANG

Kedekatan orangtua dengan anak mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak sepanjang rentang kehidupannya. Idealnya terjalin hubungan yang dekat dan akrab antar anggota keluarga, namun di saat ini seringkali orangtua mengalami kesulitan dalam menjalin relasi dengan anak. Orangtua yang terlalu sibuk dan kurangnya waktu yang berkualitas menjadi hambatan dalam menjalin kedekatan dengan anak. Selain itu dalam tahap perkembangannya anak juga kadangkala terlihat lebih senang berkumpul dengan teman sebayanya, terutama pada masa remaja. Diperlukan pengetahuan dan teknik pendekatan supaya orangtua tetap bisa dekat dan menjadi orang terdekat bagi anak.

Dalam acara parenting ini kita akan mendapat jawaban :
  1. Tips membuat anak bersikap terbuka pada orangtua sejak usia dini
  2. Bagaimana mengenali karakter anak
  3. Kiat mengatasi pengaruh buruk dari media
  4. Kiat mengoptimalkan gagdet untuk berkomunikasi dalam keluarga
  5. Tips dalam mendampingi anak pra remaja.




TUJUAN UMUM

1.       Memberikan kontribusi nyata peran serta KAGAMA dan elemen msyarakat lainnya pada pembangunan masyarakat.
2.       Mendorong para anggota KAGAMA untuk mengembangkan serta menerapkan ilmu dan keahlian guna dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat, bangsa dan negara pada khususnya serta umat manusia pada umumnya.
3.       Menjalankan usaha-usaha dan aktif memberikan bantuan yang diperlukan demi kelancaran tugas dan tercapainya tujuan almamater bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
4.       Membantu meningkatkan mutu, citra dan reputasi Almamater Universitas Gadjah Mada dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.
5.       Mempererat dan membina tali silaturahmi kekeluargaan diantara Alumni Universitas Gadjah Mada beserta keluarganya dan antara KAGAMA dengan almamaternya.


TUJUAN KHUSUS

1.       Menambah wawasan masyarakat khususnya Orang Tua terhadap berbagai problematika pendidikan putra/putrinya.
2.       Menggugah kembali kesadaran seluruh elemen masyarakat Kota Balikpapan untuk seiring sejalan dengan pemahaman yang sama mengenai pendidikan dan pendampingan anak-anak saat memasuki masa usia kritis tumbuh kembangnya.
3.       Menggalang komitmen bersama untuk mesukseskan model interaksi Ayah Bunda dan Ananda sebagai Sahabat.
4.       Memperoleh pengetahuan baru dan teknik yang efektif bagi orangtua dalam mendidik anak pada masa sekarang, sehingga orangtua bisa menjadi sahabat yang menyenangkan dan nyaman bagi anak

Komentar

Postingan Populer