Donasi Untuk Adik Fajril


Salam Kagama
Selasa pagi 26 Mei 2015 hari biasa. Pagi seperti biasa beberapa Sahabat Kagamalovers sedang dalam perjalanan memulai aktifitas, dan sebagian Sarapan Bareng. Sepotong broadcast dibagiakan di Facebook dan WhatsApp Kagama Balikpapan.
Seorang bayi 6 bulan bernama M. Fajril Sogan sedang berjuang melawan penyakit di sebuah rumah sakit di Balikpapan. Disebutkan keluarganya bukan orang berada dan sudah kewalahan secara ekonomi.
Sambil sarapan bareng Kagamalovers, validitas berita itu dikonfirmasi ke beberapa pihak. Konfirmasi datang dari drg. Dyah Muryani (Direktur RSUD Balikpapan) dan drg. Retno Sitoresmi (Kepala Puskesmas Klandasan). Beliau berdua juga aktifis Kagama Balikpapan, memberikan konfirmasi bahwa pasien tersebut benar adanya, lengkap dengan ulasan penyakit tang diderita. Dan saat ini sedang dirawat di salah satu Pavilliun RSUD Balikpapan.
Spontan pagi itu Dompet Donas Kagama dibuka bagi rekan sahabat yang ingin berdonasi.
Tak menunggu lama, siang selepas Dzuhur beberapa Kagamalovers merapat ke RSUD Balikpapan dan mampir sejenak ke ruang Direktur. Drg. Dyah Muryani pun dengan senang hati berkenan meluangkan waktu untuk bersama Kagamalover menyambangi ruang perawatan adik Fajril.
Ucapan permisi dan salam disampaikan sebelum masuk ruangan. Pada saat itu Ibunda Fajril sedang memberikan asupan nutrisi susu kepada ananda. Kami terdiam, sebuah pemandangan penuh kesabaran dan perjuangan memberikan asupan susu melalui suntikan dan selang yang terhubung langsung ke perut Fajril. Sementara di perut masih jelas luka dan jahitan 2 kali operasi yang sudah dilakukan. Setetes demi tetes susu masuk ke perut, sementara Fajril gelisah dan mungkin kesakitan namun tidak bisa melakukan apapun kecuali meronta, merajuk dan menangis. Sang Ibu kemudian dengan sigap membersihkan tumpahan susu di badan Fajril, memberikan antiseptik di luka operasi, menutup perban dan memakaikan diapers di badannya. Segala pertanyaan tenrang Fajril yang kami persiapkan hendak ditanyakan ke Ibunya mendadak menguap entah kemana. Kami hanya bisa mengucapkan salam, memperkenalkan diri dan berdoa bersama semoga adik Fajril diberikan keluatan untuk setidaknya menjalani 2 operasi lagi, segera diberikan kesembuhan. Amanat Donasi Kagamalovers yang terkumpul singkat sejak pagi senilai Rp. 4.250.000,- kami sampaikan ke Ibundanya untuk merungankan beban. Dan segera berpamitan khawatir mengganggu istirahat pasien lainnya di ruang Bangsal Kelas-3 itu.
Keluar kamar berhenti sejenak di Koridor, kami berdiskusi sejenak dengan drg. Dyah Muryani. Tentang kemungkinan apa yang bisa Kagamalovers bantu buat pasien. Dompet Donasi Kagama masih berjalan penggalangannya. Dan harapan kami yang berikutnya, donasi tersebut dapat optimal membantu biaya medis adik M. Fajril Sogan.
Semoga lekas sehat ya, Dik.....






Komentar

Postingan Populer