Berkawan Alam Bersama Keluarga

Salam Kagama
Sebuah kegiatan yang baru pertama kalinya digelar Kagama Balikpapan, yaitu Kagama Fun Camping telah terlaksana 6-7 Juni 2015 bertempat di Woody Park Balikpapan. Sebuah kegiatan yang mempunyai misi mendekatkan dan mempererat Silaturahmi Kagamalovers beserta keluarga dan khususnya Bocahe Kagama (Kagamakids). Bagaikan ayah bunda nya, mereka anak-anak juga serasa sebagai sebuah keluarga dan teman sepermainan.

Acara dibuka Sabtu 6 Juni 2015 pukul 16:30 WITA. Selanjutnya sebagian orang tua mempersiapakan perlengkapan tenda, Kagamakids sudah tak sabar menghambur ke tengah lapangan untuk bermain bersama. Cuaca yabg teduh karena mendung menggelayut membuat permainan sepak bola menjadi salah satu favorit mereka. Tak lama berselang, hujan deras turun. Kagamalovers memilih beringsut ke dalam tenda dan pondok. Sementara Kagamakids tidak terlalu perduli dengan cuaca. Di bawah guyuran hujan dan lapangan becek justru membuat permainan mereka makin seru. Dan solidaritas dan kekompakan lebih terjalin diantara mereka. Menjelang Maghrib hujan telah reda, seluruh peserta menghentikan kegiata kemudian membersihkan diri dan bersiap Jamaah Sholat Maghrib.


Setelah istirahat dan makan malam, api unggun dan pembakaran mulai dinyalakan. Rekan-rekan yang kebagian mempersiapkan rute petualangan malam sedang merampungkan perubahan rute karena pertimbangan faktor cuaca demi keamanan Kagamakids yang mengikuti acara ini.
Petualangan Malam? Senjatanya cukup sebuah senter, dan adik-adik bisa berpetualang seru tematik bersama kakak-kakak Kagamalovers.
Pos-1 : BRAIN GAME
Route 1-2 : FOLLOW THE LIGHT
Pos-2 : JOURNEY OF OUTERSPACE
Route 2-3 : MYSTERIOUS TRACK
Pos-3 : FIND THE GOLD
Route 3-4 : VICTORY ASSEMBLY
Finish/Base : REWARD & INAGURATION


Pukul 22:00 WITA seluruh rangkai Petualangan Malam Kagamakids sudah selesai dan peserta dengan selamat kembali ke area api unggun. Berbagai macam menu bebakaran (barbeque) pun digelar. Jagung, singkong, tahu, sosis, bakso hingga empek-empek bakar pun diolah. Ketua Kagama Balikpapan drg. Agung Dwi Kurianto beserta keluarga juga turut bergabung dalam acara santai silaturahmi ini.
Selang satu jam kemudian anak-anak mulai membersihkan bada mereka dan beristirahat dalam tenda masing-masing. Beberapa Kagamalovers masih berada di sekitar api unggun, menjaga supaya api tetap menyala untuk mengusir hawa dingin dan serangga/nyamuk dari area tenda.
Lepas sepertiga malam, hujan deras disertai angin mengguyur bumi perkemahan. Seluruh peserta beristirahat di dalam tenda. Bagi sebagian besar Kagamalovers dan Kagamakids itu merupakan pengalaman pertama tidur malam di dalam tenda di alam terbuka, bahkan ditengah guyuran hujan deras dan angin kencang. Alhamdulillah tidak terjadi sesuatu hal yang membahayakan badan ataupun jiwa.


Hujan masih menyisakan gerimis saat memasuki saat Shubuh. Para penghuni perkemahan bergegas berjamaah Sholat Shubuh, dan kemudian dilanjutkan dengan Kultum. Siraman rohani ini ditujukan khusus untuk Kagamakids dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Pengalaman baru yang berkesan bagi mereka, berkumpul bersama teman. Di alam terbuka beralaskan tikar, berpayung embun pagi dan disapa sinar fajar sambil menyimak siraman rohani.
Matahari mulai muncul seluruhnya, Kagamakids sudah tak sabar menghambur kembali ke tengah lapangan, berkawan dengan bola dan bergumul dengan lumpur. Sementara orang tua mereka, membereskan tenda dan lingkungannya, serta mempersiapkan santapan pagi.
Jam 08:00 pagi, sambil bersantap pagi dilakukan review kembali atas kegiatan yang telah terlaksana sejak kemarin, dan kesan serta ide-ide penyempurnaan di masa yang akan datang. Mendung tebal mulai menggelayut dan gerimis kembali datang. Esok pagi hari senin beberapa Kagamakids masih harus menyelesaikan Ujian Akhir Semester atau Kenaikan Kelas. Kami bersepakat untuk menutup acara dan memberikan kesempatan Kagamakids untuk beristirahat lebih optimal di rumah, supaya esok hari mereka tetap fit di meja ujian.
Kekompakan dan persaudaraan ini diuji kembali di alam terbuka bersama keluarga, bahkan di tengah tempaan cuaca hujan badai. Namun semuanya membuktikan diri silaturahmi tidak goyah sedikitpun.
Sayuk Rukun Agawe Sentosa.

Komentar

Postingan Populer