Blood Donation, It's My Lifestyle

Salam Kagama

Masih dalam rangkaian Dies Natalis UGM ke-64, seakan Kagamalovers Balikpapan tidak kehabisan energi dengan serangkaian kegiatan sejak 2 (dua) bulan lalu. Hari Minggu 24 November 2013 bergabung dengan Acara Hari Kesehatan Nasional Pemerintah Kota Balikpapan, Kagama Balikpapan menyelenggarakan acara Donor Darah. Bertempat di salah satu anjungan HKN DKK balikpapan di Atrium Mall E-Walk Balikpapan Super Blok, acara yang semi-dadakan ini digelar. Bermodal semangat gotong-royong dan spontanitas, persiapan singkat tidak menjadi penghambat persiapan acara.
Sebuah stand sederhana namun cukup represtatif dipersiapkan, dan hasil animo pengunjung sangat luar biasa. Sejatinya acara akan dilangsungkan pada pukul 12.00 s/d 17.00 WITA. Namun sejak pukul 11.00 WITA para calon pendonor yang mayoritas pengunjung pusat perbelanjaan sudah mendaftar dan sabar antri. Memang sejak jam dibukanya pusat perbelanjaan, beberapa Kagamalovers langsung hunting persuasif ke beberapa pengunjung untuk mensosialisasikan kegiatan ini. Akhirnya sebelum jam 12.00 WITA kegiatan Donor Darah dimulai, dan dalam waktu 4 jam atau lebih cepat dari rencana, 50 (lima puluh) kantong darah milik PMI sudah penuh. Karena keterbatasan fasilitas penyimpanan, maka sesi Donor Darah diakhiri lebih cepat dari jadwal semula. Meskipun masih ada pengunjung yang sudah mendaftar namun dengan berat hati belum bisa dilayani.



Salah satu yang spesial pada acara ini adalah hadirnya Bapak Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., PhD. yang mampir dan memberikan apresiasi pada kerja bareng Kagamalovers Balikpapan. Selain itu dengan bangga beliau yang juga Alumni UGM berkenan menerima souvenir ala Kagama Balikpapan.







Satu hal yang menjadi catatan tersendiri adalah bahwa mayoritas pendonor kali ini adalah Pendonor Pemula, atau bahkan baru pertama kalinya donor darah. Pendekatan persuasif rekan sahabat Kagama Balikpapan langsung person-to-person memberikan pencerahan baru. Setidaknya ini sesaui dengan salah satu misi Kagama Balikpapan dalam rangkain Dies Natalis UGM ke-64 untuk memasyarakatkan dan edukasi gemar donor dengan tagline "Blood Donation, It's My Lifestyle".










Komentar

Postingan Populer