Ujian Masuk UGM


Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Balikpapan (KAGAMA Balikpapan) selama 6 (enam) tahunberturut-turut sejak tahun 2003 dipercaya oleh Universitas Gadjah Mada untuk menyelenggarakan Pendaftaran dan Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada di Balikpapan. Bersama 5 (lima) kota lain di luar Jawayaitu Pekanbaru, Palembang, Lhokseumawe, Lampung dan Makasar tahun 2008 Balikpapan kembali akanmenjadi salah satu lokasi Pelaksanaan Ujian Masuk UGM.

Misi KAGAMA Balikpapan

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia generasi muda daerah Kaltim dan sekitarnya denganmemfasilitasi peningkatan persaingan dan kesempatan masuk di Perguruan Tinggi Peringkat Teratas diIndonesia yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Tujuan KAGAMA Balikpapan

1. Efisiensi waktu dan biaya dalam mengikuti Proses Pendaftaran dan Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada,yang cukup dilakukan di Balikpapan tanpa harus datang ke Yogyakarta

2. Meningkatkan kepercayaan diri Peserta dalam mengikuti Ujian di Balikpapan yang bersifat Lokal diikutiPeserta dari daerah Kaltim dan sekitarnya.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan di Balikpapan, meliputi :

A. Penelusuran Bakat Swadana (PBS)

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi. Biaya pendidikan ditanggung oleh orang tua/wali siswa. Seleksi melalui Tes Bakat Skolastik (TBS) di Balikpapan dan tes lisan di Yogyakarta bagi siswa yang lolos TBS.

Syarat Peserta :

a. Siswa kelas akhir SMA/SMK/MA tahun 2007/2008b. Siswa pada Semester V merupakan 40% terbaik di kelasnya, dan 75% terbaik di kelasnya pada Semester IVuntuk kelas akselerasi

B. Ujian Tulis (UTUL)

Ditujukan bagi seluruh siswa dengan Kelompok Ujian terdiri dari IPA, IPS dan IPC (campuran). Materi Tes meliputi Tes Potensi, Ilmu Pegetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Syarat Peserta :a. Siswa kelas akhir SMA/SMK/MA tahun 2007/2008 serta lulusan tahun 2006 dan 2007

Dalam rangkaian Kegiatan Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada 2008, KAGAMA Balikpapan baru sajamerampungkan satu tahapan seleksi yaitu Tes Bakat Skolastik untuk Penelusuran Bakat Swadana (PBS). Tes telah berlangsung tanggal 2 Maret 2008 lalu berlokasi di SMAN 1 Balikpapan diikuti oleh 315 peserta calon mahasiswa dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur dan luar Kaltim (Manado, Banjarmasin, MuaraTeweh dll.).

Pengumuman hasil seleksi akan diketahui tanggal 10 Maret 2008 nanti.

Tahapan/Jalur berikutnya adalah Ujian Tulis (UTUL) UM-UGM yang seleksinya akan dilaksanakan padatanggal 13 April 2008 nanti. Saat ini secara on-line telah terdaftar hampir 1.000 peserta sebelumpendaftaran ditutup 24 Maret 2008 nanti.

Info dan pendaftaran on-line dapat diakses di htttp://um.ugm.ac.id

Atau hotline Panitia Lokal KAGAMA : Joko (0811537254) – Visnu (08195582657) – Nunik (08152020506)

Komentar

Postingan Populer