Sosialisasi Kedokteran UGM Kelas Internasional

Salam Kagama.

Berikut Press-Release dari Ketua Kagama Balikpapan.

KAGAMA BALIKPAPAN MENYELENGGARAKAN
SOSIALISASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER
KELAS INTERNASIONAL UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM)

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Balikpapan akan mengadakan Sosialisasi Program Studi Pendidikan Dokter untuk Kelas Internasional UGM. Acara tersebut akan berlangsung hari Sabtu 23 Februari 2013 jam 13.00-15.00 WITA di Garuda Ballroom Hotel Sagita Jl. Mayjend Sutoyo, Gunung Malang, Balikpapan. Panitia telah mengundang seluruh perwakilan dari SMA hampir seluruh kota di Kaliman Timur.
Namun demikian undangan ini bersifat terbuka, dimana adik-adik siswa kelas akhir di SMA, guru-guru SMA, orang tua murid dapat hadir langsung di tempat acara. Bahkan lulusan SMA dari tahun 2011 dan 2012 pun dapat mengikuti acara ini dan berkesempatan bergabung menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran UGM Kelas Internasional. Peserta dan Undangan tidak dipungut biaya.
Pada kesempatan yang bagus dan langka tersebut, peserta dapat langsung berinteraksi dengan Ketua Program Studi Pendidikan Dokter UGM yaitu Dr. dr. Mahardika Agus Wijayanti, DTM&H., M.Kes. Tentunya seluruh hal yang berkaitan dengan Program Studi Pendidikan Dokter untuk Kelas Internasional UGM akan dapat dikupas tuntas.

Sebagaimana diketahui Fakultas Kedokteran UGM memiliki tiga program studi yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi Gizi Kesehatan.
Program Studi Pendidikan Doktermemiliki dua kelas yaitu kelas Reguler dan kelas Internasional.
Program Studi Pendidikan Dokter kelas Internasional sudah berdiri sejak tahun 2002 dan sudah terakreditasi-A oleh BAN-PT tahun 2010.
Di awal kemunculannya mahasiswa kelas Internasional terdiridari 40 siswa, namun seiringdengan bertambahnya usia maka jumlah mahasiswa ikut bertambah. Tahun ajaran 2011/2012 jumla hsiswa yang diterima tercatat sebanyak 120 mahasiswa.
Dari awal berdiri, Fakultas Kedokteran UGM menerima mahasiswa asing kelas Internasinal sebanyak 80% dari total kuota, sedangkan sisanya dipenuhi oleh mahasiswa Indonesia. Banyak dari mahasiswa asing kelas Internasional didominasi oleh Warga Negara Malaysia yang terdiri dari berbagai keturunan, baik dari keturunan India, Arab maupun Melayu. Sehingga dalam kelas Internasional terdapat heterogenitas mahasiswa.Tahun ajaran 2010/2011,proporsi mahasiswa Indonesia ditingkatkan hingga mencapai 50%. Sistem penerimaan mahasiswa yang baru, membawa perubahan mengenai jumlah kuota penerimaan mahasiswa yang diterima. Tahun ajaran 2011/2012 ini Fakultas Kedokteran UGM menerima sebanyak 60 % mahasiswa Indonesia dari total kuota yang ada. Tahun ajaran 2012/2013 ini, proporsinya lebih ditingkatkan lagi mencapai 80%. Sehingga semakin besar peluang bagi mahasiswa Indonesia untuk mengikuti kelas Internasional Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UGM.
Berdasar pada sistem penerimaan mahasiswa tersebut, maka Fakultas Kedokteran UGM berniat untuk menyelenggarakan road show Ujian Masuk Program Internasional (UMPI). Sebelumnya, road show UMPI banyak dilakukan di negara tetangga guna menjaring mahasiswa asing. Mulai tahun ajaran 2011/2012, road show banyak diselenggarakan di Indonesia guna menjaring sebanyak mungkin calon mahasiswa baru.
Road show tahun ini bertujuan untuk memperkenalkan kelas Internasional Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UGM juga untuk memenuhi 80% kuota mahasiswa Indonesia. Beberapa kota yang dikunjungi selain Balikpapan antara lain Pekanbaru, Palembang, Medan, Pontianak, Banjarmasin, Makasar dan Semarang.

Beberapa keunggulan Program Studi Pendidikan Dokter untuk Kelas Internasional UGMyang patut mendapat perhatian :

1. Kelas Internasional Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UGM selama system pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
2. Dosen yang mengajar di datangkan dari pakar-pakar/praktisi berskala nasional/internasional pada topik-topik tertentu.
3. Menerapkan system pendidikan belajar berbasis masalah (Problem Based Learning-PBL).
4. Masa studi adalah 5,5 tahun, terdiri dari 3,5 tahun pembelajaran Pendidikan Dokter (S1) dan 2 tahun Rotasi Klinik (Ko-Ass).
5. Mendapatkan asrama selama 1 tahun diawal perkuliahan.
6. Pendampingan dalam emergency home transfer (24 hours stand by)

Sedangkan pengakuan yang telah didapat adalah sebagai berikut :

1. Pengakuan dari Towards Unity for Health (TUFH), Maastricht, Belanda
2. Pengakuan dari Jawatan Perkhidmatan Awam Malaysia dan Medical Council Malaysia
3. Lulusan telah banyak diterima untuk melanjutkan pendidikan ke negara lain di dunia


Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima Kasih.
Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada
KAGAMA Balikpapan

drg. Agung Dwi Kurianto, Sp.Pros.
Ketua


+6281348796767 | 25D855A4 | @kagamabpn

Komentar

  1. assaalamualaikum, semoga UGM semakin jaya
    anak saya ingin masuk kelas internasional UGM, sekarang kelas 3 SMA apakah ada bimbingan khusus untuk bisa diterima? terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Apabila anda bukan Pengguna Terdaftar atau belum punya Gmail Account, silahkan Click!(pilih) pada option (pilihan) "Anonim" (pilihan yang paling bawah).
Selanjutnya mohon tuliskan identitas anda langsung di form (lembar/kolom) komentar.

Postingan Populer