Kagamakids #day-09 Sentra Tahu Tempe

Salam Kagama
Rabu 25 Juni 2014 jam 08:00 WITA kembali Kagamakids melanjutkan petualangan seru liburan. Sentra Industri Kecil Tahu Tempe di Somber Balikpapan menjadi ajang pembelajaran berikutnya. Di lokasi ini telah menunggu Ketua Koperasi Primer Pengrajin Tahu Tempe Balikpapan. 
Setelah rehat sejenak di lingkungan alam asri banyak pepohohan, Kagamakids diajak berkeliling melihat langsung aktivitas pembuatan tahu tempe di dapur dari rumah ke rumah. Seluruh proses ditunjukkan mulai dari gudang kedelai milik koperasi, kemudian kedelai yang dimasak, ditiriskan, ditambah ragi, dikemas dan diangin-anginkan hingga besoknya menjadi tempe siap konsumsi. Demikian juga pembuatan tahu, menggiling, mencetak dan mengemas. Sebelum meninggalkan dapur, tak lupa Kagamakids juga belajar belanja membeli tahu tempe langsung dari Bapak Ibu perajinnya. Uang belanja memang sudah disiapkan dari rumah masing-masing.
Sambil meneteng tahu tempe hasil belanja, Kagamakids kembali berkumpul di Kantor Koperasi untuk mendengar penjelasan singkat mengenai manfaat tahu tempe bagi kesehatan tubuh. Dengan telaten Bapak/ibu pengelola koperasi memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan dari Kagamakids. Puas dengan berbagai penjelasan, Kagamakids pulang dengan wajah ceria. Mereka bersiap istirahat sejenak di rumah masing-masing karena sore harinya masih ada sesi petualangan berikutnya. Dan tentunya orang tua di rumah sudah bersiap untuk membuat menu serba tahu tempe di dapur nanti.







Komentar

Postingan Populer