Kagamakids #day-04 Pengadilan Negeri

Salam Kagama
Jum'at 20 Juni 2014 giliran Kagamakids menyerbu Gedung Pengadilan Negeri Balikpapan. Mereka ingin mengenal lebih jauh tentang profesi Hakim, Jaksa dan Penasehat Hukum. Dengan dikawal oleh rekan sahabat Kagamalovers yang berprofesi tersebut, puluhan adik-adik di ajak masuk ke sebuah ruang sidang yang kosong. Sesuai ketentuan, anak-anak memang tidak diperkenankan mengikuti persidangan yang sebenarnya.
Di dalam ruang sidang yang disiapkan khusus buat Kagamakids ini para Hakim Pengadilan Negeri Balikpapan telah menyiapkan peralatan dan simulasi sebagaimana persidangan. Diawali dengan cerita tentang norma-norma hukum dasar yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan satu-persatu siapa itu Hakim, siapa itu Jaksa dan siapa itu Penasehat Hukum. Setelah itu masing-masing Kagamakids diberi kesempatan mencoba berperan menjadi Hakim, Jaksa dan Pengacara sesuai keinginannya masing-masing lengkap dengan atribut seragam dan peralatannya. Suasana berlangsung ceria dan cair, jauh dari kesan kaku dan tegang sebagaimana sidang yang sebenarnya.
Berbagai pertanyaan dari Kagamakids sempat membuat para Hakim gelagapan. Bagaiamana cara menjadi Hakim? Harus sekolah? Kenapa ada Al-Qur'an? Kenapa pakai palu? Kenapa baju Hakim warna hitam? Kenapa warna mejanya hijau? Kalau disidang harus bayar berapa? Dan berbagai pertanyaan lainnya.
Setelah puas bertanya berbagai macam hal, Kagamakids diajak berkeliling ke beberapa ruangan Pengadilan. Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan juga turut antusias mengantar Kagamakids berkeliling dan tak segan bertukar cerita. Di akhir kunjungan beliau berdua mengantar rombongan hingga ke depan gedung dan berfoto bersama.




Komentar

Postingan Populer